KEBERADAAN GAJAH SUMATERA MENGKHAWATIRKAN

Melihat berita mengenai pemburuan gajah yang diberitakan oleh VOA Indonesia yang terjadi di Afrika Selatan, membuat saya tertarik untuk menulis mengenai kondisi Gajah Sumatera yang ada di Indonesia yang tak jauh beda kondisinya sekarang ini seperti kondisi gajah-gajah yang ada di Afrika Selatan yang terus diburu untuk kepentingan ekonomi.  Di Indonesia populasi gajah sumatera kian hari semakin menurun tingkat keberadaan populasi gajah sumatera. Hal ini disebabkan oleh karena meningkatnya para pemburu gading gajah, sehingga banyak gajah – gajah sumatera diburu, baik dengan cara diracuni maupun dengan cara lainnya.

Beberapa hari yang lalu diberitakan oleh ANTARA News mengenai ditemukan sebuah gajah sumatera di salah satu pergunungan di Aceh yang telah mati dan gajah sumatera tersebut ditemukan dalam keadaan tanpa gading. Penyebab matinya gajah sumatera tersebut diduga karena diracuni oleh orang-orang yang tidak bertangung jawab. Persoalan-persoalan seperti inilah yang menyebabkan berkurangnya keberadaan populasi gajah sumatera. Pada zaman dawarsa ini sebagian masyarakat tidak hanya memburu gading gajah sumatera, akan tetapi juga telah merusak habitat gajah sumatera dengan menebang pohon-pohon yang ada di hutan. Hutan merupakan tempat tinggal gajah, nah, belakangan ini sering juga diberitakan oleh beberapa media-media di Aceh, bahwa gajah sumatera sudah mulai merusak perkebunan masyarakat dan perkampungan.

Peristiwa seperti ini sebenarnya wajar saja kalau gajah sumatera turun gunung hingga merusak perkebunan dan wilayah permukiman masyarakat, karena para gajah sumatera tidak mempunyai tempat tinggal lagi dan kesedian makanan gajah sumatera pun sudah tidak ada lagi di habitatnya. Bila kita berfikir secara akal sehat, gajah sumatera tersebut tidak akan merusak perkebunan dan permukiman masyarakat apabila habitatnya tidak dirusak. Pengrusakan habitat gajah sumatera merupakan sebagai salah satu faktor menurunnya populasi gajah sumatera.

Untuk mengatasi masalah ini seharusnya pemerintah Indonesia, khususnya Pemerintah Aceh harus bertindak tegas terhadap pelaku yang dengan segaja merusak terhadap kelestarian gajah sumatera. Karena dikhawatirkan keberadaan populasi gajah sumatera akan punah, kalau seandainya pemerintah Indonesia lamban menangani perosalan ini. Sehingga dengan adanya ketegasan dari pemerintah dalam melestarikan gajah sumatera diharapkan keberadaan populasi gajah sumatera tidak akan punah di Indonesia.

By suryadri

8 comments on “KEBERADAAN GAJAH SUMATERA MENGKHAWATIRKAN

  1. keberadaan gajah sumatera sekarang ini memang mengkhawatirkan, kita sebagai penerus bangsa, mari kita jaga kelestarian alam yang tak ternilai harganya….

    • Thank’s atas komentar nya syg ayg.. ya. kenyataan demikian…kebanyakan dibunuhnya gajah sumatera karena faktor ekonomi……gajah yang dibunuh biasasnya diambil gadingnya yang mempunyai nilai jual yang ekonomis…

  2. Ping-balik: Keberadaan Gajah Sumatera Mengkhawatirkan « Kontes Ngeblog VOA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s